Pada tanggal 12 Oktober  2023, UPT Museum Edukasi Universitas Negeri Malang menyelenggarakan Seminar Nasional & Call For Paper dengan tema “Masa Depan Museum Indonesia: Peluang dan Tantangan”. Seminar ini diselenggarakan secara luring dan bertempat di Aula Ki Hajar Dewantara Gedung A6 Lantai 7 Fakultas Ilmu Sosial yang diikuti oleh 100 peserta dari berbagai kalangan, termasuk akademisi, mahasiswa, serta para dosen.

Seminar ini dibuka oleh Kepala UPT Museum Edukasi Universitas Negeri Malang yakni Bapak Moch. Nurfahrul Lukmanul Khakim, S.Pd, M.Pd. Dalam sambutannya, Pak Fahrul menyampaikan bahwa seminar ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mengenai museum sekaligus memperingati hari Museum Indonesia yang bertepatan pada tanggal 12 Oktober 2023. Serta ada pula para pembicara luar biasa yang mengisi kegiatan Seminar Nasional & Call For Paper dengan tema “Masa Depan Museum Indonesia: Peluang dan Tantangan, berikut para pembicara yang luar biasa : 

  1. Dr. Daud Aris Tanudirjo, M. (Dosen Arkeologi – Universitas Gadjah Mada)
  2. Dr. Erlina Wiyanarti, M.Pd (Dosen Sejarah – Universitas Pendidikan Indonesia)
  3. Dr. Deny Yudo Wahyudi, S.Pd., M.Pd (Dosen Sejarah – Universitas Negeri Malang)

Seminar Nasional ini dimoderatori oleh bapak Dr. Blasius Suprapta, M.Hum (Arkeolog, IAAI Jawa Timur)

Para pembicara menyampaikan materi yang menarik dan informatif tentang permuseuman di Indonesia serta relasi antara museum dengan cagar budaya.

Pada sesi diskusi, para peserta seminar aktif bertanya dan berdiskusi dengan para pembicara. Seminar ini diharapkan dapat menjadi sarana untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang peluang dan tantangan masa depan Museum Indonesia.

Penulis: Karin Fitri Mekarsari, Amandha Sofia.