Demi meningkatkan kompetensi dan kapabilitas pengelola museum, UPT. Museum Edukasi Univesitas Negeri Malang mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Kurator Nasional 2023. Bimtek dilaksanakan pada tanggal 14-15 Oktober 2023 bertempat di Aula Pascasarjana Fakultas Ilmu Sosial UM Jl. Semarang No. 5 Kota Malang Jawa Timur. Adapun narasumber yang dihadirkan adalah para asesor LSP Permuseuman Indonesia, diantaranya :

  1. Yiyok Trio Herlambang, S.E,. M.M ketua AMI Daerah DKI Jakarta, dan Asesor LSP Permuseuman Indonesia
  2. Gunawan Wahyu Widodo, M.Hum Kurator Museum Purna Bhakti Pertiwi, dan Asesor LSP Permuseuman Indonesia
  3. Punto Argari Sidarto Asesor LSP Permuseuman Indonesia

Kegiatan dimulai pukul 08.00 pagi hingga 04.00 sore, diawali dengan pembukaan oleh panitia serta pemaparan CV para narasumber oleh moderator. Dilanjutkan dengan pemaparan materi satu persatu oleh para narasumber. Kegiatan diikuti oleh kurang lebih dua puluh peserta berasal dari berbagai kalangan dan delegasi museum yang berada di beberapa wilayah di Indonesia. Peserta sangat antusias mengikuti pemaparan materi oleh narasumber. Tidak sedikit seringkali diskusi dan pertanyaan muncul dari peserta. Di satu sesi narasumber memberikan tugas berkelompok kepada peserta guna menilai sejauh mana peserta dapat menerima materi yang telah diberikan.

Diakhir kegiatan para narasumber dan seluruh peserta bimbingan teknis kurator, diajak oleh panitia untuk mengunjungi Museum Edukasi UM. Seorang peserta dari Bali Agra Bayu Rahadi menyampaikan harapannya “semoga kegiatan diskusi mengenai museum atau bimtek lain seperti tenaga profesional di museum perlu sering dilakukan, semoga UM khususnya UPT Museum Edukasi bisa rutin melakukan kegiatan serupa”.

Penulis: Budi Purwanto