Demi meningkatkan standar profesionalisme bagi tenaga teknis museum, UPT Museum Edukasi Universitas Negeri Malang mengikutsertakan tenaga teknisnya untuk mengikuti sertifikasi Kurator Museum yang diadakan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi P-2 Kebudayaan Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Acara dilaksanakan selama dua hari pada tgl 30-31 Oktober 2023. Di hari pertama diawali dengan pembukaan dan penerimaan peserta berlokasi d hotel Novotel Jakarta. Selanjutnya peserta di minta menuju tempat praktek uji kompetensi yang berlokasi di Museum Sejarah Jakarta/Museum Fatahilah kompleks Kota Tua Jakarta. D sini para peserta di uji praktek secara langsung oleh dua asesor yang telah berkompeten di bidangnya. Hadir sebagai asesor pada uji praktek kompetensi kurator diantaranya: Markum Setiawan (Founder Komunitas Jelajah Budaya, serta KRT. Thomas Haryonagoro (pemilik/pengelola dari Museum Ullen Sentalu).

Di hari kedua para peserta melakukan uji kompetensi asesment oleh asesor. Satu persatu peserta menjalani asesment berhadapan langsung dengan satu asesor penguji. Setelah megikuti sertifikasi kompetensi kurator ini, diharapkan tenaga teknis UPT Museum Edukasi UM dapat menerapkan ilmunya demi perkembangan museum dan bekerja secara lebih profesional sebagai bagian dari standarisasi museum nasonal.

Penulis: Budi Purwanto